Teknik Pengelolaan Kelas Besar di Sekolah Dasar

Ratna Juwita*  -  Universitas Sebelas Maret, Indonesia

(*) Corresponding Author

Kemampuan mengelola kelas merupakan salah satu kompetensi yang menjadi salah satu masalah yang mempengaruhi kualitas proses pembelajaran. Penelitian kualitatif ini menggunakan wawancara dan observasi untuk mengetahui teknik guru dalam mengelola kelas besar di Sekolah Dasar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik guru dalam mengelola kelas besar adalah dengan cara memberikan contoh langsung kepada peserta didik untuk membersihkan kelas dan halaman sehingga suasa kelas bersih dan rapi, membiasakan peserta untuk selalu disiplin dalam pembelajaran tematik. Selain itu, perangkat pembelajaran dan sumber belajar yang digunakan juga cukup beragam, baik yang sederhana maupun yang digital. Ruang kelas juga dihias seindah mungkin dan karya siswa juga dipajang di dinding kelas. Guru juga selalu mengutamakan keaktifan peserta didik selama proses pembelajaran tematik. Sirkulasi udara tetap bersih karena jendela selalu dibuka dan dibersihkan setiap hari sebelum dan sesudah proses pembelajaran. Teknik pengelolaan kelas besar tersebut tekag mampu membuat peserta didik tetap fokus dalam pembelajaran tematik dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna dan menyenangkan, sehingga diharapkan semua guru yang mengajar di kelas besar bisa menerapkan teknik pengelolaan kelas tersebut.

Abstract: The ability to manage the class is one of the competencies that affects the quality of the learning process. This qualitative research uses interviews and observations to determine the teacher's techniques in managing large classes in elementary schools. The results of this study indicate that the teacher's technique in managing large classes is to give direct examples to students of how to clean the classroom and yard so that the classroom atmosphere is clean and tidy, familiarizing participants with the need to always be disciplined in thematic learning. In addition, the learning tools and learning resources used are quite diverse, both simple and digital. Classrooms are also decorated as beautifully as possible, and student work is also displayed on the classroom walls. Teachers also always prioritize the activeness of students during the thematic learning process. Air circulation is kept clean because the windows are always opened and cleaned every day before and after the learning process. The large class management technique is determined to be able to keep students focused on thematic learning and provide a meaningful and enjoyable learning experience, so it is hoped that all teachers who teach in large classes can apply these classroom management techniques.

Keywords: pengelolaan kelas, kelas kreatif, kemampuan guru, kelas iv, class management, creative class, teacher ability

  1. Andini, C., Achmadi, A., & Okianna, O. (2021). Pengaruh Keterampilan Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Di Sma Negeri 4 Sungai Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(4). http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v10i4.46127
  2. Astuti, A. (2019). Manajemen Kelas Yang Efektif. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 892-907. doi: https://doi.org/10.35673/ajmpi.v9i2.425
  3. Austin, O. O., & Omomia, T. A. (2014). Perceived impact of classroom management on effective teaching: A study of five schools in education district 11, Lagos State, Nigeria. European Scientific Journal, 10(22), 309-320. https://www.academia.edu/download/45200906/3922-11369-1-PB.pdf
  4. Budiya, B. (2021). Manajemen Pengelolaan Kelas Masa Pandemi di SD Ta’miriyah Surabaya. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 50-54. https://doi.org/10.54069/attadrib.v4i1.129
  5. Chan, Faizhal. (2019). Strategi Guru dalam Mengelola Kelas di Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 3(4), 439-446.
  6. Eliningsih, E. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Manajemen Pengelolaan Kelas Di Masa Pandemi Covid-19. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 6(1), 25 - 36. https://doi.org/10.47200/jnajpm.v6i1.690
  7. Emmer, E. T., & Stough, L. M. (2001). Classroom Management: A Critical Part of
  8. Educational Psychology, With Implication for Teacher Education. Educational
  9. Psychologist, 103-112.
  10. Gibbs, A., Kennedy, D., & Vickers, A. (2012). Learning Outcomes, degree profiles, tuning project and competences. Journal of the European Higher Education Area, 72-83. https://eu.daad.de/medien/eu.daad.de.2016/dokumente/programme-und-hochschulpolitik/bologna-prozess/die-na-im-bologna-prozess/ehea_j5_t4_i0112_gibbs_kennedy_vickers.pdf
  11. Gudeva, L. K., Dimova, V., Daskalovska, N., & Trajkova, F. (2012). Designing descriptors of learning outcomes for Higher Education qualification. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 46, 1306-1311. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.05.292
  12. Herawati, N., & Sunarto, S. (2022). Lingkungan Kerja Memoderasi Pengaruh Self Efficacy dan Kompetensi Profesional terhadap Pengelolaan Kelas di SMP Negeri Kota Pekalongan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 5050-5065. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6276
  13. Khasanah, F., Utami, R., & Hartati, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Tematik Berbasis Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Percaya Diri Siswa. Journal of Integrated Elementary Education, 1(2), 98-107. doi: https://doi.org/10.21580/jieed.v1i2.9220
  14. Kpolovie, P. J., Joe, A. I., & Okoto, T. (2014). Academic achievement prediction: Role of interest in learning and attitude towards school. International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE), 1(11), 73-100. https://m.joseheras.com/pdfs/ijhsse/v1-i11/10.pdf
  15. Kryati, L. (2017). Sistem Pengelolaan Kelas di Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Iqra', 11(2). 25-37, http://journal.iain-manado.ac.id/index.php/JII/article/view/583/486
  16. Laili, R., & Nisak, Z. (2022). Peningkatan Self-Leadership Siswa Madrasah Ibtidaiyah Melalui Experiential Learning. Journal of Integrated Elementary Education, 2(1), 63-71. doi: https://doi.org/10.21580/jieed.v2i1.10725
  17. Mutiaramses, M., Neviyarni, S., & Murni, I. (2021). Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 43-48. https://doi.org/10.23969/jp.v6i1.4050
  18. Osakwe, R. N. (2014). Classroom management: A tool for achieving quality secondary school education in Nigeria. International Journal of Education, 6(2), 58-68. https://search.proquest.com/openview/ed792bcafa86875120bab9acf8cb4c7f/1.pdf?pq-origsite=gscholar&cbl=366242
  19. Rizki, M. ., Astuti, Astuti, & Noviardilla, . I. . (2021). Kajian Literatur Tentang Hubungan Pengelolaan Kelas dengan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 267–271. Retrieved from https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/943
  20. Rosidah, R. (2018). Strategi Pengelolaan Kelas Efektif dan Efisien Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan Madrasah, 1(2), 208-217. http://journal.iaialmawar.ac.id/index.php/jtpm/article/view/115
  21. Sabanci, A., Ozyildirim, G., & Imsir, R. (2014). The effect of ICT usage on the classroom management: A case study in language teaching. International Review of Social Sciences and Humanities, 7(1), 232-245. https://scholar.archive.org/work/i3xttaz5frgudpqxexvjyfaszy/access/wayback/http://www.irssh.com/yahoo_site_admin/assets/docs/22_IRSSH-829-V7N1.131231201.pdf
  22. Suci Rokhani, C. T. (2021). Upaya Peningkatan Keterampilan Pengelolaan Kelas Melalui Supervisi Klinis Pada Guru Kelas IV, V Dan VI Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di SD Negeri Dengkek 01 Pati Semester I Tahun Ajaran 2019/2020. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(1), 133 - 155. https://doi.org/10.7777/jiemar.v2i1.121
  23. Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja
  24. Rosdakarya.
  25. Sukatin, S., Alamsia, R. D., Angraeni, A., Fathonah, N., & Hikmah, S. (2022). Keterampilan Mengelola Kelas dan Implementasinya dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 708-720. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5307
  26. Syuhada, Siti & Arpizal. (2018). Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Ilmiah Kreatif Vol. 18 No.1 Januari 2020.
  27. Tsegay, S. M., & Ashraf, M. A. (2015). The influence of senior secondary school teachers on students’ achievement in Gao-Kao. International Journal of Research Studies in Education, 4(4), 67-76. https://www.academia.edu/download/53915236/1037-4052-1-PB.pdf
  28. Valiande, S., & Tarman, B. (2011). Differentlated Teaching and Constructive Learning Approach by The Implemetation of ICT in Mixed Ability Classrooms. Journal of Kirsehir Education Faculty, 12(1), 169-184. https://app.trdizin.gov.tr/publication/paper/detail/TVRFMk5qQTRPQT09
  29. Wiyani, Novan Ardy. (2014). Manajemen Kelas: Teori dan Aplikasi Untuk Menciptakan Kelas yang Kondusif. Ar-Ruzz Media.
  30. Wulandari, S. (2021). Optimalisasi Penguasaan Materi Pelajaran dan Kemampuan Mengelola Kelas dalam Meningkatkan Kompetensi Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam. Chalim Journal of Teaching and Learning (CJoTL), 1(2), 129-137. https://pasca.jurnalikhac.ac.id/index.php/cjotl/article/view/134

Open Access Copyright (c) 2022 Ratna Juwita
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Lisensi Creative Commons

All contents published in the Journal of Integrated Elementary Education are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps