Kunci Tadabbbur dan Integrasi Al-Qur’an dalam Pembelajaran Biologi

Mujahidin Ahmad*  -  Biologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
Eko Budi Minarno  -  Biologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
Suyono Suyono  -  Biologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia

(*) Corresponding Author
Islam sebagai agama yang sempurna (din-al kamil) dan universal (din-asy syamil) selalu menarik dijadikan sebagai sumber inspirasi pemikiran. Hal ini karena Al-Qur’an tidak hanya mengatur aspek hubungan manusia dengan tuhannya namun juga termasuk mengatur hubungannya dengan sesama makhluk. Upaya pendekatan hubungan antara sains dan al-quran khusunya biologi adalah sebuah upaya implementasi sains dalam kehidupan sehari hari terutama sebagai masyarakat yang religius. Diharapkan dengan adanya pengenalan model baru dapat memudahkan upaya integrasi Al-Qur’an dalam pembelajaran biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah telaah pustaka. Dalam pembelajaran Biologi, integrasi Sains-Islam dapat dilakukan dengan tiga macam model pendekatan yaitu; Model Integrasi Al-Qur’an sebagai Sumber Inspirasi, Konfirmasi dan Dogma-empiris. Ketiga model pendekatan dapat dijalankan secara simultan dalam proses pembelajaran Biologi.

Keywords: al-qur’an; dogma empiris; model integrasi; inspirasi; konfirmasi

  1. Abdullah, M. Amin. (2006). Islamic Studies Di Perguruan Tinggi: Pendekatan Integratif-Interkonektif, Cet. ke-1. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.
  2. Ashtankar, O. M. (2016). Islamic perspectives on environmental protection. 2(1), 438–441.
  3. Athoilah, MA dan Irawan (2016). Trilogi Wahyu Memandu Ilmu. http://isc.uinsgd.ac.id/wp-content/uploads/2018/12/Trilogi-Wahyu-Memandu-Ilmu.pdf
  4. Faishal (2018). Integrasi Ilmu dalam Pendidikan. Ta‟dibi: Jurnal Prodi Manajemen Pendidikan Islam Volume VI Nomor 2 Th 2018
  5. Fajari, I. A. (2016). Klasifikasi Ilmu Pengetahuan Menurut ImÄÂm Al-GhazÄÂlÄ«. Kontemplasi: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 4(2). https://doi.org/10.21274/kontem.2016.4.2.299-316
  6. Faruqi, Y. M. (2006). Contributions of Islamic scholars to the scientific enterprise. International Education Journal 7(4), 391–399.
  7. Hickman, C.P., Robert, L.S., and Larson, A. (2001). Integrated Principles of Zoology. Edisi 11. McGrawHill
  8. Hidayat, M. (2014). Pendekatan integratif-interkonektif: tinjauan paradigmatik dan implementatif dalam pembelajaran pendidikan agama islam. TA’DIB, Vol. XIX, No. 02, Edisi November 2014. XIX (02), 276–287.
  9. Hussain, A. (2019). Qur ’an and Science : A Study of the Compatibility of Qur’anic Verses With Modern Scientific Theories. 2(2), 42–50. DOI: https://doi.org/10.31943/afkar_journal.v4i1.53
  10. Kettani, M.A. (1976) Moslem contributions to the natural sciences. Impact of Science on Society, 26(3), 135-147.
  11. Malik, A. H., Ziermann, J. M., & Diogo, R. (2018). An untold story in biology: the historical continuity of evolutionary ideas of Muslim scholars from the 8th century to Darwin’s time. Journal of Biological Education, 52(1), 3–17. https://doi.org/10.1080/00219266.2016.1268190
  12. Mufid, (2013), Integrasi Ilmu-Ilmu Islam. Equelibrium: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kudus, Indonesia Volume 1, No.1, Juni 2013
  13. Qutub, S. (2011). Sumber-Sumber Ilmu Pengetahuan Dalam Al Qur’an Dan Hadits. Humaniora, 2(9), 1339–1350.
  14. Sarton, G. (1927). Introduction to the History of Science, Volume 1. Washington: Carnegie Institution of Washington
  15. Suprayogo, I (2005). Membangun Integrasi Ilmu dan Agama: Pengalaman UIN Malang. Zainal Abidin Bagir (ed)., Integrasi Ilmu dan Agama: Interpretasi dan Aksi, Bandung: Mizan, 2005
  16. Suryaningsih, Y. (2018). Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Al-Qur’an Sebagai Metode Untuk Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Bio Educatio, Volume 3, Nomor 1, April 2018, hlm. 22-33 ISSN: 2541-2280
  17. Syaifuddin (2013). Integrated Twin Towers dan Islamisasi Ilmu. Jurnal PAI Vol No1 Mei 2013. Hal 2-20
  18. Wahid, P. A. (2018). From Genomics to Biomemetics : The Quran rewrites biology The Quran rewrites biology. March, 76.
  19. Wahid, P.A. (2016). The Quran: Scientific Exegesis, www.islamicscience.in, Adam Publishers and Distributors, New Delhi
  20. Zain, Z., & Vebrianto, R. (2017). Integrasi Keilmuan Sains Dan Islam Dalam Proses Pembelajaran Rumpun IPA. 18–19.

Open Access Copyright (c) 2020 Bioeduca : Journal of Biology Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Bioeduca: Journal of Biology Education
Published by Department of Biology Education, Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 812-2359-1990
Website: https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/index
Email: [email protected]

ISSN: 2714-8009 (Print)
ISSN: 2715-7490 (Online)


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps