Biologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang - Indonesia
Kunci Tadabbbur dan Integrasi Al-Qur’an dalam Pembelajaran Biologi
Islam sebagai agama yang sempurna (din-al kamil) dan universal (din-asy syamil) selalu menarik dijadikan sebagai sumber inspirasi pemikiran. Hal ini karena Al-Qur’an tidak hanya mengatur aspek hubungan manusia dengan tuhannya namun juga termasuk mengatur hubungannya dengan sesama makhluk. Upaya pendekatan hubungan antara sains dan al-quran khusunya biologi adalah sebuah upaya implementasi sains dalam kehidupan sehari hari terutama sebagai masyarakat yang religius. Diharapkan dengan adanya pengenalan model baru dapat memudahkan upaya integrasi Al-Qur’an dalam pembelajaran biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah telaah pustaka. Dalam pembelajaran Biologi, integrasi Sains-Islam dapat dilakukan dengan tiga macam model pendekatan yaitu; Model Integrasi Al-Qur’an sebagai Sumber Inspirasi, Konfirmasi dan Dogma-empiris. Ketiga model pendekatan dapat dijalankan secara simultan dalam proses pembelajaran Biologi.
Keywords: al-qur’an; dogma empiris; model integrasi; inspirasi; konfirmasi
- Abdullah, M. Amin. (2006). Islamic Studies Di Perguruan Tinggi: Pendekatan Integratif-Interkonektif, Cet. ke-1. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.
- Ashtankar, O. M. (2016). Islamic perspectives on environmental protection. 2(1), 438–441.
- Athoilah, MA dan Irawan (2016). Trilogi Wahyu Memandu Ilmu. http://isc.uinsgd.ac.id/wp-content/uploads/2018/12/Trilogi-Wahyu-Memandu-Ilmu.pdf
- Faishal (2018). Integrasi Ilmu dalam Pendidikan. Ta‟dibi: Jurnal Prodi Manajemen Pendidikan Islam Volume VI Nomor 2 Th 2018
- Fajari, I. A. (2016). Klasifikasi Ilmu Pengetahuan Menurut ImÄÂm Al-GhazÄÂlÄ«. Kontemplasi: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 4(2). https://doi.org/10.21274/kontem.2016.4.2.299-316
- Faruqi, Y. M. (2006). Contributions of Islamic scholars to the scientific enterprise. International Education Journal 7(4), 391–399.
- Hickman, C.P., Robert, L.S., and Larson, A. (2001). Integrated Principles of Zoology. Edisi 11. McGrawHill
- Hidayat, M. (2014). Pendekatan integratif-interkonektif: tinjauan paradigmatik dan implementatif dalam pembelajaran pendidikan agama islam. TA’DIB, Vol. XIX, No. 02, Edisi November 2014. XIX (02), 276–287.
- Hussain, A. (2019). Qur ’an and Science : A Study of the Compatibility of Qur’anic Verses With Modern Scientific Theories. 2(2), 42–50. DOI: https://doi.org/10.31943/afkar_journal.v4i1.53
- Kettani, M.A. (1976) Moslem contributions to the natural sciences. Impact of Science on Society, 26(3), 135-147.
- Malik, A. H., Ziermann, J. M., & Diogo, R. (2018). An untold story in biology: the historical continuity of evolutionary ideas of Muslim scholars from the 8th century to Darwin’s time. Journal of Biological Education, 52(1), 3–17. https://doi.org/10.1080/00219266.2016.1268190
- Mufid, (2013), Integrasi Ilmu-Ilmu Islam. Equelibrium: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kudus, Indonesia Volume 1, No.1, Juni 2013
- Qutub, S. (2011). Sumber-Sumber Ilmu Pengetahuan Dalam Al Qur’an Dan Hadits. Humaniora, 2(9), 1339–1350.
- Sarton, G. (1927). Introduction to the History of Science, Volume 1. Washington: Carnegie Institution of Washington
- Suprayogo, I (2005). Membangun Integrasi Ilmu dan Agama: Pengalaman UIN Malang. Zainal Abidin Bagir (ed)., Integrasi Ilmu dan Agama: Interpretasi dan Aksi, Bandung: Mizan, 2005
- Suryaningsih, Y. (2018). Penerapan Pembelajaran Biologi Berbasis Al-Qur’an Sebagai Metode Untuk Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Bio Educatio, Volume 3, Nomor 1, April 2018, hlm. 22-33 ISSN: 2541-2280
- Syaifuddin (2013). Integrated Twin Towers dan Islamisasi Ilmu. Jurnal PAI Vol No1 Mei 2013. Hal 2-20
- Wahid, P. A. (2018). From Genomics to Biomemetics : The Quran rewrites biology The Quran rewrites biology. March, 76.
- Wahid, P.A. (2016). The Quran: Scientific Exegesis, www.islamicscience.in, Adam Publishers and Distributors, New Delhi
- Zain, Z., & Vebrianto, R. (2017). Integrasi Keilmuan Sains Dan Islam Dalam Proses Pembelajaran Rumpun IPA. 18–19.
Copyright (c) 2020 Bioeduca : Journal of Biology Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.