Fakultas Ushuluddin IAIN Antasari Banjarmasin - Indonesia
FUNGSIONALISASI TEORI PENGANULIRAN (NASKH) DALAM TAFSIR AL-QURAN DAN HUKUM ISLAM: Sebuah Catatan Kritis
Abstract: The commonly accepted assumption among Muslim scholars is that the abrogation (naskh) theory is regarded as method necessary for interpreting the Qur’ÄÂn and for law-making. This article is aimed to explore how it has been used to support ideological interest. At the beginning, some traditions, which are contradictory to each other, ascribed to ‘AlÄ« bin AbÄ« ṬÄÂlib, for instance, which supports the importance of knowledge on naskh should be categorized as unreliable ones. The traditions have been distorted and interpreted in different context to argue for the importance. In wide range of the abuse, the naskh has been used to interpret some ambiguous verses, such as what Aḥmad Al-BaḥrÄÂnÄ«, a Shiite scholar, done to set up his own theological belief. Meanwhile, the Muslim jurists have applied it as a method of making of law decision. ‘Abdullah al-Karkhi (w. 340 H), a Hanafite scholar, for instance, used it to attack against legal opinions of non-Hanafite scholars. Since al-Shafi‘is era till contemporary time, the naskh has been regarded as a method of developing Islamic law, of course, in different contexts and trends. Abstrak: Asumsi umum yang sudah diterima di kalangan sarjana Muslim adalah bahwa teori naskh dianggap sebagai perlu yang perlu untuk menafsirkan al-Quran dan untuk penentuan hukum. Artikel ini dimaksudkan untu mengekplorasi bagaimana ia digunakan untuk mendukung kepentingan ideologis. Pada mulanya, beberapa hadis, yang saling bertentangan satu sama lain, yang dianggap bersumber dari ‘Al Ä« bin AbÄ« ṬÄÂlib, misalnya, yang mendukung pentingnya ilmu pengetahuan tentang naskh harus dikategorikan sebagai yang tidak dapat dipercaya. Hadis-hadis yang terdistorsi dan ditafsirkan dalam konteks yang berbeda untuk membuktikan kepentingan tersebut. Dalam deretan penyalahgunaan, naskh digunakan untuk menafsirkan beberapa ayat yang ambigu, seperti yang dilakukan oleh Aḥmad al-BaḥrÄÂnÄ« , seorang ulama Syi‘ah, dalam seperangkat kepercayaan teologis. Sementara itu, para ahli hukum telah menerapkan ini sebagai sebuah metode dalam menentukan hukum. ‘Abdullah al-Karkhi (w. 340 H), seorang bermazhab ḤanafÄ«, misalnya, menggunakannya untuk menyerang pendapat-pendapat hukum dari mazhab-mazhab non- Ḥanaf Ä«. Sejak era SyÄÂfi’ī hingga masa kontemporer, naskh telah dianggap sebagai sebuah metode membangun hukum Islam, tentu saja, dalam trend dan konteks yang berbeda. Kata-kata Kunci: abrogation (naskh), abrogating verse (nÄÂsikh), abrogated verse (mansÅ«kh)
- ‘Abduh, ĪhÄÂb Ḥasan, IstiḥÄÂlat WujÅ«d al-Naskh (DirÄÂsah ‘IlmÄ«yah TudḥiḠKhurÄÂfÄÂt al-RiwÄÂyÄÂt wa Taruddu ‘alÄ Jahl ZakariyyÄ Buá¹Ârus, Cairo: Maktabat al-NÄÂfiżah, 2005.
- ‘IsmÄÂ’īl, Sya’bÄÂn Muḥammad, NaẓarÄ«yat al-Naskh fÄ« al-SyarÄÂ`i’ al-SamÄÂwÄ«yah, T.tp.: DÄÂr al-SalÄÂm,1988.
- ĀbÄÂdÄ«, AbÅ« al-Ṭayyib Muḥammad Syasm al-Ḥaq al-‘Aẓīm, ‘Awn al-Ma’bÅ«d Syarḥ Sunan AbÄ« DÄÂwÅ«d, vol. X, ed. ‘Abd al-RaḥmÄÂn Muḥammad ‘UṡmÄÂn, Beirut: DÄÂr al-Fikr, t.th.
- AbÅ« ‘Ubayd, KitÄÂb al-NÄÂsikh wa al-MansÅ«kh, suntingan (taḥqÄ«q) Muá¹£á¹ÂafĠ‘Abd al-QÄÂdir ‘Aá¹ÂÄÂ’, Beirut: DÄÂr al-Kutub al-‘IlmÄ«yah, 2006.
- AbÅ« Nu’aym, Ḥilyat al-AwliyÄÂ` wa ṬabaqÄÂt al-Aá¹£fiyÄÂ`, vol. III, BeirÅ«t: DÄÂr al-Kutub al-‘IlmÄ«yah, 1988.
- Ahdal, Ḥasan Muḥammad MaqbÅ«lÄ«. RusÅ«kh al-AḥbÄÂr wa MansÅ«kh al-AkhbÄÂr li AbÄ« IsḥÄÂq BurhÄÂn al-DÄ«n IbrÄÂhÄ«m ibn ‘Umar al-Ja’barÄ«: DirÄÂsah wa TaḥqÄ«q, BeirÅ«t: Mu`assasat al-Kutub al-á¹ aqÄÂfÄ«yah dan San’ÄÂ: Maktabat al-JÄ«l al-JadÄ«d, 1408/1988.
- BaghawÄ«, Ma’ÄÂlim al-TanzÄ«l, vol. II, BeirÅ«t: DÄÂr al-Kutub al-‘IlmÄ«yah, 1993.
- BaghdÄÂdÄ«, ‘Abd al-QÄÂhir al-NÄÂsikh wa al-MansÅ«kh, suntingan (taḥqÄ«q) ḤilmÄ« KÄÂmil As’ad ‘Abd al-HÄÂdÄ«, Aman: DÄÂr al-‘AdawÄ«, t.th.
- BaḥrÄÂnÄ«, Aḥmad, Al-Ta`wÄ«l Manhaj al-IstinbÄÂá¹ fÄ« al-IslÄÂm. T.Tp.: DÄÂr al-Ta`wÄ«l li al-ṬibÄÂ’ah wa al-Nashr, 1999.
- BarzanjÄ«, ‘Abd al-Laá¹ÂÄ«f ‘AbdullÄÂh ‘AzÄ«z, Al-Ta’ÄÂruḠwa al-Tarjīḥ bayna al-Adillah al-Syar’īyah: Baḥṡ UṣūlÄ« MuqÄÂran bi al-MażÄÂhib al-IslÄÂmÄ«yah al-Mukhtalifah, vol. I, BeirÅ«t: DÄÂr al-Kutub al-‘IlmÄ«yah, 1993.
- BukhÄÂrÄ«, á¹¢aḥīḥ al-BukhÄÂrÄ«, anotasi (ta'lÄ«q) Muá¹£á¹ÂafÄ DÄ«b al-BighÄÂ, vol. III, BeirÅ«t: DÄÂr Ibn Kaṡīr, 1407/1987. BÅ«á¹ÂÄ«, Muḥammad Sa‘īd Ramaá¸ÂÄÂn, al-SalafÄ«yah: Marḥalah ZamanÄ«yah MubÄÂrakah, LÄ Mażhab IslÄÂmÄ«, Damaskus: DÄÂr al-Fikr, 1990.
- FawzÄÂn, á¹¢ÄÂliḥ bin FawzÄÂn bin ‘AbdullÄÂh, Ta’qÄ«bÄÂt ‘alÄ Kitab al-SalafÄ«yah Laysat Mażhaban, RiyÄÂá¸Â: DÄÂr al-Waá¹Âan li al-Nashr, 1411 H.
- Ghazali, Abdul Moqsith, Argumen Pluralisme Agama: Membangun Toleransi Berbasis al-Qur`an. Jakarta: Kata Kita, 2009.
- Gilliot, Claude, "The Beginnings of Qur`ÄÂnic Exegesis", dalam The Qur`an: Formative Interpretation, ed. Andrew Rippin. Great Britain: Ashagate, 1999.
- HibatullÄÂh ibn SalÄÂmah, al-NÄÂsikh wa al-MansÅ«kh, suntingan (taḥqÄ«q) Zuhayr al-ShÄÂwÄ«s dan Muḥammad Kan'ÄÂn, BeirÅ«t: al-Maktab al-IslÄÂmÄ«, 1404 H.
- ḤÄÂzimÄ«, al-I’tibÄÂr fÄ« al-NÄÂsikh wa al-MansÅ«kh fÄ« al-Ḥadīṡ, suntingan (taḥqÄ«q) disertai studi Aḥmad Ṭaná¹ÂÄÂwÄ« JawharÄ« Musaddad, Makkah: al-Maktabah al-MakkÄ«yah dan BeirÅ«t: DÄÂr Ibn Ḥazm, 2001.
- ḤÄÂzimÄ«, al-NÄÂsikh wa al-MansÅ«kh fÄ« al-Qur’ÄÂn, suntingan (taḥqÄ«q) ‘Abd al-GhaffÄÂr SulaymÄÂn al-BindÄÂrÄ«, Beirut: DÄÂr al-Kutub al-‘IlmÄ«yah, 1986.
- Ibn AbÄ« Syaybah, Al-Muá¹£annaf fÄ« al-AḥÄÂdīṡ wa al-ĀṡÄÂr, vol. VI, BeirÅ«t: DÄÂr al-Fikr, 1994.
- Ibn al-JawzÄ«, NawÄÂsikh al-Qur`ÄÂn, DÄÂr al-Kutub al-'IlmÄ«yah, t.th.
- Ibn al-JawzÄ«, TalbÄ«s IblÄ«s, ed. MuḥyÄ« al-DÄ«n Muhammad Ba’yÅ«n, BeirÅ«t: DÄÂr Ibn ZaydÅ«n, t.th.
- Ibn Kaṡīr, TafsÄ«r al-Qur`ÄÂn al-‘Aẓīm, Beirut: DÄÂr al-Fikr, t.th.
- Ibn Qutaybah, Ta`wÄ«l Mukhtalif al-Ḥadīṡ, Cairo: Mu’assasat al-Kutub al-á¹ aqÄÂfÄ«yah, 1988.
- Ibn SyÄÂhÄ«n, AbÅ« Ḥafá¹£ ‘Umar bin Aḥmad, NÄÂsikh al-Ḥadīṡ wa MansÅ«khuh, ed. al-á¹¢ÄÂdiq bin ‘Abd al-RaḥmÄÂn al-GharayÄÂnÄ«, BeirÅ«t: DÄÂr Ibn Ḥazm, 2008.
- Iá¹£fahÄÂnÄ«, Al-RÄÂghib, Al-MufradÄÂt fi GharÄ«b al-Qur`ÄÂn, Cairo: al-Maktabah al-TawfÄ«qÄ«yah, t.th.
- JaṣṣÄÂá¹£, AḥkÄÂm al-Qur`ÄÂn, vol.II, ed. Muḥammad al-á¹¢ÄÂdiq QamḥÄÂwÄ«, BeirÅ«t: DÄÂr IḥyÄÂ` al-TurÄÂṡ al-'ArabÄ«, 1405 H.
- KaramÄ«, YÅ«suf, QalÄÂ`id al-MarjÄÂn fÄ« BayÄÂn al-NÄÂsikh wa al-MansÅ«kh fÄ« al-Qur`ÄÂn, dalam www.elmeshkat.com.
- KhÄÂzin, LubÄÂb al-Ta`wÄ«l fÄ« Ma’ÄÂnÄ« al-TanzÄ«l, Beirut: DÄÂr al-Kutub al-‘IlmÄ«yah, 1995.
- Khū’ī, al-Sayyid AbÅ« al-QÄÂsim al-MÅ«sawÄ«, The Prolegomena to the Qur`an, terj. disertai pengantar oleh Abdulaziz A. Sachedina, Oxford: Oxford University Press, 1998.
- Kinberg, Leah, “MuḥkamÄÂt and MutasyÄÂbihÄÂt (Koran 3/7): Implication of a Koranic Pair of Terms in Medieval Exegesisâ€Â, dalam Andrew Rippin (ed.). The Qur`an: Formative Interpretation. USA/Singapore/Sydney: Ashgate, 1999.
- Ma’rifah, Muḥammad HÄÂdÄ«, Al-TamhÄ«d fÄ« ‘UlÅ«m al-Qur`ÄÂn, vol. II, Qom: Mu`assasat al-Nashr al-IslÄÂmÄ«, 1411 H.
- MizzÄ«, Tahżīb al-KamÄÂl, ed. BashshÄÂr ‘AwwÄÂd Ma’rÅ«f, BeirÅ«t: Mu`ssasat al-RisÄÂlah, 1982.
- MuḥÄÂsibÄ«, Fahm al-Qur`ÄÂn, ed. Ḥusayn al-QuwwatilÄ«, BeirÅ«t: DÄÂr al-Fikr dan DÄÂr al-KindÄ«, 1982.
- NaḥḥÄÂs, al-NÄÂsikh wa al-MansÅ«kh. Cairo: al-Maktabah al-AzharÄ«yah, t.th.
- Nasr, Seyyed Hossein. â€ÂThe Meaning and the Concept of Philosophy in Islam,†dalam History of Islamic Philosophy, ed. Seyyed Hossein Nasr dan Oliver Leaman. London dan New York: Routledge, 1996.
- Qurá¹ÂÅ«bÄ«, al-JÄÂmi’ li AḥkÄÂm al-Qur`ÄÂn, T.tp.: t.p. t.th.
- Rippin, Andrew. “Al-ZuhrÄ«, Naskh al-Qur`ÄÂn, and the Problem of Early TafsÄ«r Textâ€Â, dalam Bulletin of the School of Oriental and African Studies, University of London, volume XLVII, no. 1 (1984).
- Rumadi, "Post Tradisionalisme Islam: Wacana Intelektualisme dalam Komunitas NU", disertasi. Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah 2006.
- Sabt, KhÄÂlid bin ‘UṡmÄÂn, QawÄÂ’id al-TafsÄ«r Jam’an wa DirÄÂsah, vol. II, Mesir: DÄÂr ibn ‘AffÄÂn, 1421 H.
- SakhÄÂwÄ«, Fatḥ al-MughÄ«th bi Syarḥ AlfÄ«yat al-Ḥadīṡ, ed. ‘Abd al-KarÄ«m ‘AbdullÄÂh bin ‘Abd al-RaḥmÄÂn al-Khuá¸Âayr dan Muḥammad bin ‘AbdullÄÂh bin Fuhayd Āl Fuhayd, RiyÄÂá¸Â: Maktabat DÄÂr al-MinhÄÂj, 1426 H.
- Sezgin, Fuat, Geschichte des Arabischen Schrifttums. Leiden: E.J. Brill, 1967.
- Shaykh, ‘Izz al-DÄ«n Ḥusyan, Mukhtaá¹£ar al-NÄÂsikh wa al-MansÅ«kh fÄ« ḤadÄ«th RasulillÄÂh á¹¢allÄ AllÄÂh ‘Alayh wa Sallam, BeirÅ«t: DÄÂr al-Kutub al-‘IlmÄ«yah, 1993.
- Syu’lah, AbÅ« ‘AbdillÄÂh, á¹¢afwat al-RÄÂsikh fÄ« ‘Ilm al-MansÅ«kh wa al-NÄÂsikh, T.tp.: Maktabat al-á¹ aqÄÂfah al-DÄ«nÄ«yah, 1995.
- SuyÅ«á¹ÂÄ«, JalÄÂl al-DÄ«n, Al-ItqÄÂn fÄ« ‘UlÅ«m al-Qur`ÄÂn, vol. I, Beirut: DÄÂr al-Fikr, t.th.
- SuyÅ«á¹ÂÄ«, JalÄÂl al-DÄ«n, TadrÄ«b al-RÄÂwÄ« fÄ« Syarḥ TaqrÄ«b al-NawÄÂwÄ«, ed. al-Syaykh ‘ArafÄÂt al-‘AsysyĠḤisysyÅ«nah, BeirÅ«t: DÄÂr al-Fikr, 1993.
- SuyÅ«á¹ÂÄ«, JalÄÂl al-DÄ«n, Taḥżīr al-KhawÄÂṣṣ min AkÄÂżīb al-QuṣṣÄÂá¹£, dalam www.mostafa.com.
- SuyÅ«á¹ÂÄ«, JalÄÂl al-DÄ«n, Al-Durr al-Manṡūr, ed. ‘AbdullÄÂh bin ‘Abd al-Muḥsin al-TurkÄ«, vol. XIV, Cairo: Markaz li al-Buḥūṡ wa al-DirÄÂsÄÂt al-‘ArabÄ«yah wa al-IslÄÂmÄ«yah, 2003.
- á¹¢abbÄÂgh, Muḥammad bin Luá¹ÂfÄ«, TÄÂrÄ«kh al-QuṣṣÄÂá¹£ wa Aṡaruhum fÄ« al-Ḥadīṡ al-NabawÄ« wa Ra`y al-‘UlamÄÂ` fÄ«him, al-Maktab al-IslÄÂmÄ«, 1985.
- Wansbrough, John, Quranic Studies: Sources and Methods of Scriptural Interpretation, Oxford: Oxford University Press, 1977.
- Å»ahabÄ«, Muḥammad Ḥusayn, al-TafsÄ«r wa al-MufassirÅ«n, vol. II, BeirÅ«t: DÄÂr al-Fikr, 1396/1976.
- Å»ahabÄ«, Syams al-DÄ«n, Ma’rifat al-QurrÄÂ` al-KibÄÂr ‘alÄ al-ṬabaqÄÂt wa al-A’ṣÄÂr. BeirÅ«t: DÄÂr al-Kutub al-‘IlmÄ«yah, 1997.
- ZarkashÄ«, Badr al-DÄ«n, Al-BurhÄÂn fÄ« ‘UlÅ«m al-Qur’ÄÂn, ed. Muḥammad AbÅ« al-Faá¸Âl IbrÄÂhÄ«m, Cairo: DÄÂr IḥyÄÂ` al-Kutub al-‘ArabÄ«yah, 1957 M/ 1376 H).
- ZarqÄÂ, Muḥammad, Sharḥ al-QawÄÂ’id al-FiqhÄ«yah, ed. ‘Abd al-SattÄÂr AbÅ« Ghuddah, Damaskus: DÄÂr al-Qalam, 1996.
- Zayd, Muá¹£á¹ÂafÄÂ, Al-Naskh fÄ« al-Qur’ÄÂn al-KarÄ«m: DirÄÂsah Tasyrī’īyah TÄÂrÄ«khÄ«yah NaqdÄ«yah, Cairo: DÄÂr al-Yusr, 1428/2007.