Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam pelatihan toilet training anak usia (1-3) tahun di Kelurahan 15 Ulu Palembang. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian 50 Orang tua dari anak usia (1-3) tahun di Kelurahan 15 Ulu Palembang. Teknik pengumpulan data ini wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan perhitungan persentase dan hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam pelatihan toilet training anak usia (1-3) tahun di Kelurahan 15 Ulu Palembang rata-rata telah terlaksana 75%. Jadi disimpulkan bahwa peran orang tua dalam pelatihan toilet training telah dilaksanakan dengan baik seperti dengan memberikan contoh dan membimbing kepada anak untuk bisa BAB dan BAK ke toilet.
Keywords:
peran orang tua; toilet training; pelatihan
Hamid, A., & Yulianti, N. K. E. (2019). Minat Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Bolano Lambunu Parigi Moutong Untuk Melanjutkan Studi Kejenjang Perguruan Tinggi. Jurpis : Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 16(1), 47–57
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (24 ed.). Alfabeta.
Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif , Kualititatif, dan Penelitian Gabungan (1 ed.). Kancana.