Institut Ilmu Al Qur'an An Nur Yogyakarta - Indonesia
Pelatihan Tahsin Alquran Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah dengan Metode Yanbu’a
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk membahasmenjelaskan dampak pelaksanaan pelatihan tahsin AlQuran dengan metode Yanbu’a bagi terhadap kompetensi bagi guru Madrasah Ibtidaiyah Al Ma’had An Nur. Metode penelitian ini dilakukan dengan mengamati dan mewawancarai instruktur, peserta pelatihan, dan orang lain yang mengetahui pelaksanaan pelatihan tersebut. Wawancara dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data penelitian, dan dianalisis dengan model Sirkuler dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan tahsin Al Quran di Madrasah Ibtidaiyah Al Ma’had An Nur dilaksanakan setiap hari jum’at pagi selama 90 menit. Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab dan latihan. Langkah-langkah kegiatan pelatihan ini meliputi pembukaan, apersepsi, pengenalan konsep, peningkatan pemahaman (latihan), evaluasi, dan penutup. Hasil pelatihan tahsin Alquran dengan metode Yanbu’a telah meningkatkan semangat guru dalam belajar Al Quran dan meningkatkan kompetensi dan kinerja guru dalam membina bacaan dan hafalan siswa. Faktor pendukung pelatihan ini adalah usia guru yang telah matang, pelatih yang kompeten, dan perhatian dari pengasuh. Faktor penghambat pelatihan ini adalah: terbatasnya alokasi waktu, tempat pelatihan yang kurang kondusif, dan ketidakhadiran tutor.
Kata Kunci: Pelatihan Guru, Tahsin Alquran, Metode Yanbu’a
Abstract: This study aims to discuss and explain the impact of implementing Al-Quran tahsin training with the Yanbu'a method for the competence of teachers of Madrasah Ibtidaiyah Al Ma'had An-Nur. This research method is carried out by observing and interviewing instructors, trainees, and other people who know the implementation of the training. Interviews and documentation were used to collect research data and were analyzed using a circular model and source triangulation. The results of this study indicate that the Qur'an tahsin training activities at Madrasah Ibtidaiyah Al Ma'had An-Nur are carried out every Friday morning for 90 minutes. The learning methods used are lectures, questions and answers, and exercises. The steps of this training activity include opening, apperception, concept introduction, increasing understanding (practice), evaluation, and closing. The results of tahsin the Koran with the Yanbu'a method have increased the enthusiasm of teachers in learning the Koran and increased teacher competence and performance in fostering student reading and memorization. Supporting factors for this training are the age of mature teachers, competent trainers, and attention from caregivers. The inhibiting factors for this training were: limited time, less conducive training venues, and the absence of tutors.
Keywords: Pelatihan Guru, Tahsin Quran, Metode Yanbu’a, Teacher Training, Tahsin Quran, Yanbu'a Method
- Arwani, M. U. N. (2009). Thoriqoh Baca Tulis dan Menghafal Al-Qur’an Yanbu’a. Menara Kudus.
- Muzakky, A. (2016). Standarisasi Mutu Pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah Kresna Mlilir Dolopo Madiun dengan Metode Ummi. STAIN Ponorogo.
- Nurcahya, A., & Hadijah, H. S. (2020). Pemberian Penguatan (Reinforcement) dan Kreatifitas Mengajar Guru sebagai Determinan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Managemen Perkantoran, 5(1), 83–96. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpm.v5i1.25855
- Palufi, A. N., & Syahid, A. (2020). Metode Yanbu’a Sebagai Pedoman Membaca Al-Qur’an. Attractive: Innovative Education Journal, 2(1), 32-40. https://attractivejournal.com/index.php/aj/article/view/21
- Putri, R., Suyadi, S., & Siregar, V. (2021). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau Dari Teori Konstruktivisme. Journal of Integrated Elementary Education, 1(1), 1-17. https://doi.org/10.21580/jieed.v1i1.7671
- Qowi, A. (2017). Peningkatan Prestasi Belajar Hafalan Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi Di MTSN Gampong Teungoh Aceh Utara. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 16(2), 265–283. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jiif.v16i2.1327
- Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
- Sukmadinata, N. S. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Rosdakarya.
- Suminto, S., & Arinatussadiyah, A. (2020). The An-Nahdliyah and The Yanbu'a Method in Learning to Read the Qur'an in the Vocational High School: Comparative Study. Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 62-80. https://journal.umpo.ac.id/index.php/istawa/article/view/2497
- Suriah, M. (2018). Metode Yanbu’a untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Kelompok B-2 RA Permata Hati Al-Mahalli Bantul. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(2), 291–299. http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/JPM/article/view/2141/1496
- Suriah, M. (2018). Metode Yanbu’a untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran pada Kelompok B-2 RA Permata Hati Al-Mahalli Bantul. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(2), 291-299. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/JPM/article/view/2141
- Tanfidiyah, N. (2017). Metode Yanbu’a dalam Meningkatkan Baca Tulis Al-Qur’an pada Anak Usia Dini. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education.
- Tsuroya, F. I. (2020). Dampak Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Metode Yanbu’a di Kelas 2 MI At-Taqwa Bondowoso. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(02), 199-214. https://journal.ptiq.ac.id/index.php/iq/article/view/124
- Wicagsono, M. A., & Inayah, N. L. (2018). Efektifitas Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kemampuan Tahfiz Al-Qur’an Di SMP IT Al-Anis Kartasura Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Suhuf, 30(2), 157–167. https://journals.ums.ac.id/index.php/suhuf/article/view/7640
- Yuniarsih, T., & Suwanto. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Alfabeta.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.