Tadris Biologi, Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin - Indonesia
Pengembangan LKPD Materi Arthropoda Berbasis STEM Berteknologi Augmented Reality
LKPD merupakan bahan ajar yang terstruktur, dengan bantuan LKPD tersebut maka dapat membuat pembelajaran lebih aktif dan berfikir kreatif. Ditambah lagi LKPD yang dibuat berbasis STEM dan bantuan teknologi Augmented Reality yang inovatif, sehingga pembelajran daring menjadi interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD Arthropoda berbasis STEM berteknologi Augmented Reality yang valid. Metode yang digunakan yaitu pengembangan dengan model ADDIE yang telah dimodifikasi sampai tahap development. Berdasarkan hasil validasi didapatkan LKPD dengan hasil valid dan layak untuk digunakan.
Keywords: augmented reality; LKPD; STEM.
- Asri (Adinda), Gita Kinanthi Purnama. (2019). Pemanfaatan Smartphone Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Koreografi dan Komposisi Tari I. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan. Vol. 14 No. 2
- Destiara, M, Soendjoto M.A & Dharmono. (2018). Validitas Bahan ajar jenis ikan di sungai panjaratan pada konsep vertebrata SMA kelas X. jurnal inovasi pendidikan sains. Vol. 9 no.1
- Destiara Meyninda & Hermawan Aldi. Teknologi Augmented Reality sebagai media pembelajran biologi. Jurnal Sistem Informasi dan Bisnis Cerdas (SIBC) vol.13 no.2
- Destiara, Meyninda. (2020). The Practicality of Teaching Material Biology of Islamic-Science Based on Augmented Reality. Bio-Inoved: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan. Vol. 2 No. 2
- Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses. Jakarta: Kemendikbud
- Kemendikbud. (2020). Permendikbud Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Jakarta: Kemendikbud
- Kitchenham, A. (2011). Models for interdiscriplinary mobile learning: delivering information to students. Hersey PA: IGI Global.
- Laurillard, D.Rethinking university teaching: a framework for the effective use of educational technology (London:Routledge)
- Mulyani Tri. (2019). Pendekatan Pembelajaran STEM untuk Menghadapi Revolusi. Seminar Nasional Pascasarjana 2019. Prosiding. Universitas Negeri Semarang.
- Mulyatiningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta
- Mustaqim, Ilmawan. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro. Vol. 1 No. 1
- Pramuji Lili, Anna Permanasari, Didit Ardianto. (2018). Multimedia Interaktif Berbasis STEM pada konsep Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal of Science Education and Practice. Vol. 2 No.1
- Prastowo, Andi. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
- Riduwan. (2012). Metode & Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta
- Suhendra, Hendra. (2020). Pemanfaatan Smartphone Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Dasring Pada Masa Covid-19 Di MI Ma’arif 07 Karangmangu Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. Masters thesis. IAIN Purwokerto. Tidak dipublikasikan
- Sugiyono. (2010). Metode Penelitian pendidikan pendekatan kualitatif, kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
- Widjajanti, Endang. (2008). Kualitas Lembar Kerja Siswa. (online) (staff.uny.ac.id/system/files/pengabdian/ending../kualitas-lks.pdf. diakses pada tanggal 18 Oktober 2020)
Copyright (c) 2021 Bioeduca : Journal of Biology Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.