Tadris Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau - Indonesia
Kajian Etnosains Tradisi Maauwo di Danau Bakuok Sebagai Sumber Pembelajaran Biologi
Pembelajaran biologi tidak dapat dipisahkan dengan konteks lingkungan termasuk kearifan lokal. Tradisi maauwomerupakan kegiatan penangkapan ikan hanya boleh dilakukan sekali dalam 1 tahun  di kabupaten kampar. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis  dan merekonstruksi  pengetahuan  sains  ilmiah dari tradisi maauwo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif berbasis etnosains dengan metode wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan model Miles-Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi maauwo sebagai salah bagian dalam  sistem  pengelolaan  sumber  daya  perairan  di danau bakuok. Masyarakat  dilarang  mengambil  ikan  dalam periode tertentu, dilarang untuk menyentrum maupun meracuni ikan serta menanami sawit di tepi danau bakuok. Penerapan aturan tersebut memiliki nilai konservasi  lingkungan untuk menjaga keseimbangan ekologi di danau bakuok. Kearifan lokal maauwodi danau bakuok memiliki potensi sebagai sumber belajar biologi pada materi pelestarian   ekosistem dan pencemaran lingkungan.
Keywords: pembelajaran biologi; kearifan lokal; maauwo; etnosains
- Battiste, M. (2005). Indegenous Knowledge: Foundation for First Nations. University of Saskatchewan.
- Brata, I. B. (2016). Kearifan Budaya Lokal Perekat Identitas Bangsa. Jurnal Bakti Saraswati, 05(01). http://jurnal.unmas.ac.id/index.php/Bakti/article/view/226
- Diskominfo. (2020). Informasi Umum Provinsi riau. https://www.riau.go.id/home/content/61/data-umum
- Elsera, M. (2019). Suku Laut di Dusun Linau Batu Desa Tanjungkelit, Kabupaten Lingga Provinsi Kepri. Sosioglobal : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Sosiologi, 3(2), 1. https://doi.org/10.24198/jsg.v3i2.21054
- Harefa, A. R. (2017). Pembelajaran Fisika Di Sekolah Melalui Pengembangan Etnosains. Jurnal Warta Edisi, 53, 1–18.
- Hergenhanh, B. R., & Olson, M. H. (2008). Teories of Learning (7 ed). Kencana.
- Irawan, B., & Muhartati, E. (2019). Identifikasi Nilai Etnosains pada Kearifan Lokal Berkarang dan Menyondong Ikan Pada Masyarakat Pesisir Bintan. Pedagogi Hayati, 3(1), 53–58. https://doi.org/10.31629/ph.v3i1.1595
- Mulyani, M., & Julianto, J. (2019). Pembelajaran Sains Berbasis Budaya Lokal Sebagai Bentuk Integratif Pendidikan Karakter. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 35–42. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6261
- Oktavianti, I. (2018). Media Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Refleksi Edukatika, 8(2).
- Pieter, J. (2017). Pembelajaran IPA Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Solusi Pengajaran IPA di Daerah Pedalaman Provinsi Papua. https://www.researchgate.net
- Rahayu, W. E., & Sudarmin. (2015). Pengembangan Modul Ipa Terpadu Berbasis Etnosains Tema Energi Dalam Kehidupan Untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa. Unnes Science Education Journal, 4(2), 919–926.
- Rahmi, D. A., & Rosdiana, L. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Media Science Story Berbasis Etnosains. Ejournal-Pensa, 6(2), 108–113.
- Snively, G., & Corsiglia, J. (2001). Discovering Indigenous Science : Implications for Science Education. National Association of Research in Science Teaching.
- Sudjana, N., & Rivai, A. (2007). Teknologi Pengajaran. Sinar Baru Algesindo.
- Taufiq, M., Siswoyo, H., & Anggara, W. (2013). Pengaruh Tanaman Kelapa Sawit Terhadap Keseimbangan Air Hutan (Studi Kasus Sub Das Landak, Das Kapuas). Jurnal Teknik Pengairan, 4(1). https://jurnalpengairan.ub.ac.id/index.php/jtp/article/view/180
- Thamrin, H. (2014). Revitalisasi Kearifan Lokal Melayu Dalam Menjaga Harmonisasi Lingkungan Hidup. TOLERANSI: Media Komunikasi Umat Bergama, 6(1), 90–106.
- Tillery, B., Enger, E. D., & Ross, F. C. (2011). Integrated science. McGraw-Hill.
- Yuliana, I. (2017). Pembelajaran Berbasis Etnosains Dalam Mewujudkan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2015), 98–106.
Copyright (c) 2020 Bioeduca : Journal of Biology Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.