Pengembangan Four-Tier Multiple Choice Diagnostic Test untuk Mendeteksi Pemahaman Konsep Kognitif Materi Katabolisme pada Peserta Didik XIII SMA/MA

Umi Salamah*  -  Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Nur Khasanah  -  Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Nur Hayati  -  Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author
Penelitian ini bertujuan mengembangkan tes untuk mendeteksi miskonsepsi pada materi katabolisme. Pengembangan produk mengikuti Borg and Gall sampai tahap ke-7. Subjek uji coba adalah siswa MAN 2 Semarang. Data diambil melalui wawancara, tes, pengisian angket, dan dokumentasi. Analisis produk secara kualitatif oleh validator ahli. Secara kuantitatif dengan menghitung nilai validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, keberfungsian pengecoh, analisis miskonsepsi, dan interpretasi hasil. Instrumen yang dihasilkan dinyatakan valid. Reliabilitas butir soal yang dikembangkan masuk kategori tinggi yaitu sebesar 0,894. Sebanyak 37 butir soal dihasilkan terdiri dari 4 butir soal mudah, 24 butir soal sedang, dan 9 butir soal susah. Butir soal memiliki daya beda dengan kategori  4 butir soal cukup baik dan 33 butir soal baik. Sebanyak 18 indikator soal ditemukan terjadi miskonsepsi. Miskonsepsi tertinggi pada konsep analisis peran enzim sedangkan terendah pada konsep analisis peran ATP dan perubahan molekul saat transpor elektron dan fosforilasi oksidatif

Keywords: four-tier multiple choice diagnostic test; pemahaman konsep kognitif; miskonsepsi; katabolisme

  1. Arikunto, S.(2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
  2. Caleon, Imelda S. & Subramaniam, R. (2010). Do Students Know What They Know and What They Don’t Know? Using a Four-Tier Diagnostic Test to Assess the Nature of Students’ Alternative Conceptions. Research in Science Education. 40(3), 313–337.
  3. Fariyani, Q., rusilowati, A., Sugianto. (2015). Pengembangan Four-Tier Diagnostic Test Untuk Mengungkap Miskonsepsi Fisika Siswa SMA Kelas X. Journal of Innovative Science Education .4(2), 41-49.
  4. Gall,M. D., Gall, J.P. & Borg, W.R. (2003). Educational Research and Education Sevent Edition. USA: Pearson Education Inc.
  5. Gurel, K.G., Eryilmaz, A., McDermott, L.C. (2015). A Review and Comparison of Diagnostic Instruments to Identify Students’ Misconceptions in Science. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education . 11(5), 989-1008.
  6. Mustaqim, T.A., Zulfiani, Z., Herlanti, Y. (2014). Identifikasi Miskonsepsi Siswa Dengan Menggunakan Metode Certainty Of Response Index (CRI) Pada Konsep Fotosintesis Dan Respirasi Tumbuhan. Jurnal EDUSAINS. 4(2), 146–152.
  7. Rahmatan, H & Liliasari. (2014). Pengetahuan Awal Calon Guru Biologi Tentang Konsep Katabolisme Karbohidrat (Respirasi Seluler). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.1(1), 91-97.
  8. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitati, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  9. Sukmadinata, Nana Syaodih. (2011). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Rosdakarya Offset.
  10. Suparno, Paul. (2005). Miskonsepsi & Perubahan Konsep Dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
  11. Suwarto. (2010). Pengembangan The Two-Tier Diagnostic Tests Pada Bidang Biologi Secara Terkomputerisasi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 14 (2), 206-224.
  12. Suwarto. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik dalam Pembelajaran: Panduan praktis bagi pendidik dan calon pendidik. Dalam Widodo (Ed.). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
  13. Syah, Muhibbin. (2014). Telaah Singkat Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rajawali Pers.
  14. Tambunan, Twentyna Junita. (2015). Analisis miskonsepsi siswa pada materi metabolisme di kelas XII IPA SMA Swasta Nusantara Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2014/2015. Skripsi. Medan: Jurusan biologi. FMIPA. Universitas Negri Medan.
  15. Tekkaya, Ceren. (2002). Misconceptions As Barrier To Understanding Biology. Journal of Universitas Hacettepe Ankara. Edisi 23, 259-266.
  16. Wijaya, M. H., Surato, Aminuddin H.P. (2013). Pengembangan Tes Diagnostik Mata Pelajaran IPA SMP. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan,17 (1), 19-36.

Open Access Copyright (c) 2020 Bioeduca : Journal of Biology Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Bioeduca: Journal of Biology Education
Published by Department of Biology Education, Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 812-2359-1990
Website: https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/index
Email: [email protected]

ISSN: 2714-8009 (Print)
ISSN: 2715-7490 (Online)


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps