Komparasi Motivasi Belajar Siswa Materi Perubahan Lingkungan dan Daur Ulang Limbah Melalui Metode Everyone Is Teacher Here dan Guided Note Taking

Uli Nur Safitri*  -  Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Nur Khoiri  -  Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia
Anif Rizqianti Hariz  -  Pendidikan Biologi, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Indonesia

(*) Corresponding Author

Permasalahan yang sering terjadi di kelas adalah kurangnya motivasi belajar siswa dan variasi metode pembelajaran yang dipakai oleh guru dalam proses pembelajaran biologi. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan kriteria motivasi belajar siswa pada materi perubahan lingkungan dan daur ulang limbah dan menganalisis perbedaan motivasi belajar siswa menggunakan metode everyone is teacher here dan guided note taking pada kelas X MAN 1 Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental. Hasil skor motivasi belajar melalui metode everyone is teacher here yaitu 73,97 sedangkan melalui metode guided note taking sebesar 69,81. Berdasarkan analisis uji t diketahui thitung sebesar 2.3315 dan ttabel 1,666 sehingga dapat disimpulan Ha diterima karena thitung > ttabel.

Keywords: metode pembelajaran; motivasi belajar.

  1. Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar Edisi 2. Jakarta : Rineka cipta
  2. Fitriani. (2018). Pengaruh metode pembelajaran Everyone Is Teacher Here dengan media Handout terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI Ips sman 1 Perhentian raja. Jurnal pendidikan ekonomi akuntansi FKIP UIR. Vol 6 No 1.
  3. Jannah, Fitriyatul. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Everyone Is Teacher Here Terhadap Kecakapn Sosial dan Berpikir Kritis Sisa Kelas XI MIA Pada Mata Pelajaran Biologi di Man 2 Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Skrispi. Lombok : UIN Mataram.
  4. Lestari, karunia Eka dan Mokhamad Ridwan Yudhanegara. (2015.) Penelitian Pendidikan Matemateka. Jakarta : PT Refika aditama.
  5. Quadri, Hassul. (2010). Perbandingan Penerapan Metode Pembelajaran Guided Note Taking (Catatan Terbimbing) dengan Metode Pembelajaran Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri Bajo Kec.Bajo Kab. Luwu. Skripsi. Makassar : UIN Alauddin.
  6. Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan. Bandung : Alfabeta
  7. Suprijono, Agus. (2012). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta : Pustaka belajar
  8. Widoyoko, Eko Putro. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  9. Widoyoko, Eko Putro. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  10. Zuliani, P., & Nasir, M. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here (ETH) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Koloid Siswa Kelas XI IA di SMA Negeri 5 Banda Aceh, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia (JIMPK), 2(1), 65–72.

Open Access Copyright (c) 2020 Bioeduca : Journal of Biology Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Bioeduca: Journal of Biology Education
Published by Department of Biology Education, Faculty of Science and Technology UIN Walisongo Semarang, Indonesia
Jl Prof. Dr. Hamka Kampus III Ngaliyan Semarang 50185
Phone: +62 812-2359-1990
Website: https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA/index
Email: [email protected]

ISSN: 2714-8009 (Print)
ISSN: 2715-7490 (Online)


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

apps