Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Wiraraja - Indonesia
Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa PBL Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah Perkuliahan Biologi Dasar
Pembelajaran berorientasi masalah menjadi salah satu pendekatan pembelajaran yang melatih kemampuan problem solving mahasiswa. Pemberian suatu permasalahan serta proses mencari jawaban dalam pembelajaran dapat membantu mahasiswa untuk dapat lebih mudah mengingat materi yang dipelajari. Tujuan penelitian adalah mengembangkan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) berbasis PBL bertemakan biologi dasar yang valid dan efektif. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester satu yang memprogram mata kuliah Biologi dasar. Model penelitian yang digunakan merujuk model penelitian pengembangan yang dikembangkan Borg & Gall (1983). Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKM yang dikembangkan valid dengan nilai persentase 90% (kategori sangat baik). Pengembangan LKM dikatakan efektif dilihat dari adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah sebesar 0,47 (kategori sedang) berdasarkan N-gain. LKM ini memiliki karakteristik bahan ajar dirancang situasi bermasalah yang tepat bagi mahasiswa IPA di Universitas Wiraraja.
Keywords: Lembar kerja mahasiswa; PBL; pemecahan masalah
- Abidin, Mulyani, Y., & Yunansah, T. (2018). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi Aksara.
- Almulla, M. A. (2020). The effectiveness of the project-based learning (PBL) approach as a way to engage students in learning. Sage Open, 10(3), 2158244020938702.
- Anjarwati, P. G. P., Sajidan, S., & Prayitno, B. A. (2018). Problem-Based Learning Module of Environmental Changes to Enhance Studentsâ€TM Creative Thinking Skill. Biosaintifika: Journal of Biology & Biology Education, 10(2), 313–319.
- Aufa, M. N., Rusmansyah, R., Hasbie, M., Jaidie, A., & Yunita, A. (2021). The effect of using e-module model problem based learning (PBL) based on wetland environment on critical thinking skills and environmental care attitudes. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(3), 401–407.
- Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educationnal Research. London: Longman.
- Darmawati, D., Nursal, N., & Arnentis, A. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis dan Aktivitas Mahasiswa Genetika dan Evolusi Melalui Penerapan PBL di Pendidikan Biologi Universirtas Riau. BIOPENDIX: Jurnal Biologi, Pendidikan Dan Terapan, 8(1), 1–8.
- Gunada, I. W., Sahidu, H., & Sutrio, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(1), 38–46.
- LESTARI, N., SUDARISMAN, S., & SUGIYARTO, S. (2014). Pengembangan LKM Model PBLberbasis Potensi Lokal pada Mata Kuliah Bioteknologi untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Di Universitas Muhammadiyah Kupang. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 18–22.
- Martahayu, V., & Yuanita, Y. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Problem Based Learning berbatuan E-Learning pada Materi Manajemen Peserta Didik. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 29–39.
- Mufidah, L., & Habibi, M. W. (2022). Validitas Media Pembelajaran Berbasis Web pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas VIII di SMP. Bioeduca: Journal of Biology Education, 4(1), 57–66.
- Mursali, S., & Safnowandi, S. (2016). Pengembangan LKM Biologi Dasar Berorientasi Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan proses Sains Mahasiswa. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 4(2), 56–62.
- Nurtanto, M., Fawaid, M., & Sofyan, H. (2020). Problem based learning (PBL) in Industry 4.0: Improving learning quality through character-based literacy learning and life career skill (LL-LCS). Journal of Physics: Conference Series, 1573(1), 12006.
- Palennari, M., & Lodang, H. (2015). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Perkuliahan Berorientasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Bionature, 16(2), 69–76.
- Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar. Diva Press.
- Richard I. Arends. (2015). Learning to Teach (10th ed.). McGraw-Hill Education.
- Ridho, M. H., Wati, M., Misbah, M., & Mahtari, S. (2020). Validitas bahan ajar gerak melingkar berbasis authentic learning di lingkungan lahan basah untuk melatih keterampilan pemecahan masalah. Journal of Teaching and Learning Physics, 5(2), 87–98.
- Sari, D. S., & Wulanda, M. N. (2019). Pengembangan lembar kerja mahasiswa berbasis proyek dalam meningkatkan kemampuan berfikir kreatif mahasiswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(1), 20–33.
- Serevina, V., Astra, I., & Sari, I. J. (2018). Development of E-Module Based on Problem Based Learning (PBL) on Heat and Temperature to Improve Student’s Science Process Skill. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 17(3), 26–36.
- Sukmawati, S., Pasandaran, R. F., & Mufidah, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) melalui Pembelajaran Problem Solving pada Perkuliahan Dasar-Dasar Statistika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 106–119.
- Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 3 Kuala Kabupaten Nagan Raya. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(2).
- Winarni, E. W., & Koto, I. K. (2021). Pengembangan Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM) dengan Model Project-Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Perkuliahan IPA Pendidikan Dasar. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(1), 134–144.
Copyright (c) 2022 Bioeduca : Journal of Biology Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.