Membangun Profesionalisme Guru PAUD Melalui Model Supervisi Klinis

Iis Uswatun Hasanah*  -  STAI DR. KH. EZ Muttaqien Purwakarta, Indonesia
Nurul Fauziah  -  STAI DR. KH. EZ Muttaqien Purwakarta, Indonesia

(*) Corresponding Author

Guru sebagai unsur tenaga pendidik mempunyai peran dalam keberhasilan proses pembelajaran yang berkualitas. Guru harus memiliki kompetensi dalam menjalankan profesinya sebagai guru professional, begitupula untuk guru PAUD  dituntut untuk memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional dan kompetensi social. Supervisi klinis merupakan pendekatan yang efektif dalam meningkatkan profesionalisme guru, kegiatan supervisi klinis ini sebagai upaya pembinaan untuk membantu guru PAUD dalam mengembangkan kompetensinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model supervisi klinis dalam konteks Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan dampaknya terhadap peningkatan kompetensi guru. Melalui metode kualitatif yang meliputi observasi dan wawancara yang dilakukan di salah satu Lembaga PAUD yaitu KB Az-Zahra Kecamatan Wanayasa-Purwakarta, penelitian ini menyimpulkan bahwa supervisi klinis dapat menjadi alat yang ampuh untuk membantu guru PAUD dalam mengembangkan keterampilan pedagogik, refleksi diri, dan kemampuan dalam menciptakan lingkungan belajar yang efektif

Keywords: Supervisi Klinis; Profesionalisme Guru; Pendidikan Anak Usia Dini;

  1. Babuta, A. I., & Rahmat, A. (2019). Peningkatan Kompetensi Pedagodik Guru Melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis Dengan Teknik Kelompok. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1–28. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i1.496
  2. Dwikurnaningsih, Y. (2020). Implementasi Supervisi Akademik di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4(3), 182–190. https://doi.org/10.17977/um025v4i32020p182
  3. Hartono, H. (2019). Supervisi Berkala Dalam Upaya Meningkatkan Pengelolaan Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Se Kecamatan Driyorejo Tahun 2018. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 19(1), 26–38. https://doi.org/10.30651/didaktis.v19i1.2553
  4. Makhsun, N. (2020). Supervisi Klinis (Strategi Peningkatan Kjnerja Guru MI dalam Penilaian Berbasis Kelas). CV. Pilar Nusantara.
  5. Nugroho, P., Lede, Y. U., S., P. C., Sabariyah, H., Mukadar, S., Loilatu, S. H., Jr., W. D. M., Yudaningsih, N., Drajat, R. I. S., Ariawan, S., Rahmadi, Sobirin, Simanullang, S., & Heriansyah. (2022). Supervisi Pendidikan. CV. Azka Pustaka.
  6. Pranita, U., Kurniah, N., & Suprapti, A. (2019). Pelaksanaan Supervisi Klinis Kepala Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini Islam Terpadu Kota Bengkulu (Studi Deskriptif Kualitatif di PAUD IT Auladuna Kota Bengkulu). Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 54–65. https://doi.org/10.33369/jip.3.1.54-65
  7. Setiyadi, B. (2020). Supervisi Dalam Pendidikan. CV. Sarnu Untung.
  8. Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, Edisi Revisi. PT. Indeks.
  9. Supriyanto, S. (2023). Suoervisi Klinis Untuk Peningkatan Keterampilan Guru. Penerbit Adab.

Open Access Copyright (c) 2024 Journal of Early Childhood and Character Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons

Under lincenced :  Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

apps