Mengembangkan Kemampuan Kognitif Melalui Alat Permainan Edukatif Match Colors di TK Kartika Siliwangi

Silvani Ruhiyat*  -  Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Rr. Deni Widjayatri  -  Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

(*) Corresponding Author

Upaya untuk meningkatkan pemahaman mengenai bentuk geometri dan warna pada anak usia 3-4 tahun di TK Kartika Siliwangi Kota Serang, Banten, dilakukan melalui penerapan Alat Permainan Edukatif (APE) Match Colors. Penelitian ini memiliki tujuan utama untuk mengembangkan permainan Match Colors dengan maksud meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan sampel instrumen. Hasil analisis menunjukkan bahwa APE Match Colors terbukti cukup efektif dalam membantu meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 3-4 tahun. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa permainan Match Colors valid dan efektif sebagai alat untuk mengembangkan dan merangsang perkembangan kognitif anak usia dini.

Keywords: Anak Usia Dini;Perkembangan Kognitif;Match Colors;

  1. Agus, R. M., Fahrizqi, E. B., & Abiyyu, F. F. A. (2021). Analisis Dampak Wabah Covid-19 Pada Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Penjaskesrek, 8(1), 46–56.
  2. Ahmad Susanto. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar berbagai Aspeknya. Kencana Perdana Media Grup.
  3. Baik Nilawati Astini, Nurhasanah, Ika Rachmayani, I. N. S. U. (2019). Identifikasi Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
  4. DEWI, S. N. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI PENGGUNAAN METODE DISCOVERY PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK KARTIKA FAJAR BARU LAMPUNG SELATAN. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.
  5. Filsa Era Sativa, B. N. B. (2024). Penarapan Pembelajaran Sains Melalui Eksperimen Pencampuran Warna TerhadapPerkembanganKognitifAnakUsiaDini Usia 5-6 Tahun di PAUD Nurul Iman. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 1322–1326.
  6. Gardner. (2014). Metode Pengembangan Kognitif. Universitas Terbuka.
  7. Gusni Rahma Yani, A. A. S. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA BAGI ANAK TUNAGRAHITA RINGAN MELALUI PERMAINAN EDUKATIF PUZZLE DI SLB NEGERI 1 PADANG. Jurnal Auladuna, 2(1), 69–80.
  8. Hapsari, R. (2020). PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK MELALUI KEGIATAN MENGELOMPOKKAN BENDA DENGAN MEDIA BOLA WARNA. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 18–24.
  9. Indri Ramahwanti, D. W. (2023). PENERAPAN PERMAINAN MATCH COLORS DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 3 TAHUN. Universitas Pendidikan Indonesia 2024.
  10. Jazariyah, J., Latifah, E., & Atifah, N. Z. (2021). Persepsi Orangtua terhadap Pemanfaatan Barang Bekas sebagai Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 180–190.
  11. Lebar, S. (2023). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dalam Pencampuran Warna pada Anak Kelompok B di TK ABA 1 Wonokerto Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 9501–9512.
  12. Liana, K. F. & H. (2019). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN PENCAMPURAN WARNA DENGAN PERCOBAAN SAINS SEDERHANA DI TK ISLAM SILMI SAMARINDA. Jurnal Pendas Mahakam, 4(1), 32–41.
  13. Monalisa, M. (2024). MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK, WARNA DAN UKURAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN MEDIA PAPAN KANCING PINTAR PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 4(2), : 32-43.
  14. Nasional, D. P. (n.d.). UU RI No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Departemen Pendidikan Nasional.
  15. Nurani Intan Nisa, Safuri Musa, S. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Puzzle Dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Cendekiawan Ilmiah, 9(1), 33–42.
  16. Rita, G. dan K. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. CV Jakad Publishing.
  17. Sianipar, A., Yuslia, M. O. F., Nursihab, M., Jannah, M., & Widjayatri, R. D. (2022). EFEKTIVITAS APE MAZE TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN. Abata: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 210–223.
  18. Siti Mawaddah, S. P. (2024). Pengaruh Penggunaan Pasir Berwarna terhadap Perkembangan Kognitif Anak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 99–111.
  19. Wahyuningrum, T., Prameswari, V. E., & Yulianti, I. (2020). Motivasi Orang Tua Sebagai Determinan Pemberian Stimulasi Melalui Alat Permainan Edukatif (APE) Pada Anak Usia Pra Sekolah. Journal of Health Science and Prevention, 4(2), 105–110.
  20. Wibowo, I. T. (2013). Belajar Desain Grafis. Buku Pintar.

Open Access Copyright (c) 2024 Journal of Early Childhood and Character Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons

Under lincenced :  Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

apps