Analisis Kemampuan Keterlambatan Berbicara Pada Anak Usia (3-4) Tahun di Kelurahan Bukit Lama Palembang

Fidiatillah Nugraha*  -  Universitas Sriwijaya, Indonesia
Rukiyah Rukiyah  -  Universitas Sriwijaya, Indonesia

(*) Corresponding Author

Latar belakang masalah penelitian ini adalah perkembangan kemampuan bicara anak yang belum berkembang sesuai dengan tahap usianya yang dapat diketahui dari ketidaktepatan artikulasi atau kata-kata yang digunakan anak yang menyebabkan pendengarnya kesulitan dalam memahami perkataannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang melatar belakangi keterlambatan bicara pada anak. Subjek penelitian terdiri dari 2 orang yaitu MH dan MD anak yang berusia (3-4) tahun yang MH dan MD yang mengalami keterlambatan berbicara di Kelurahan Bukit Lama Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Narasumber dalam penelitian ini yaitu orang tua dari subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data collection, reduction, display, verificcasion. Hasil dari penelitian ini menunjukan beberapa faktor yang melatar belakangi keterlambatan berbicara pada anak yaitu kurangnya kosakata, sering menonton televisi, pengaruh gadget, mempunyai latar belakang lidah pendek, kurangnya stimulasi interaksi dan komunikasi, kebiasaan bermain sendiri, riwayat keluarga, Terdapat faktor lain yang merupakan temuan dalam penelitian ini yaitu sering menggunakan bahasa tubuh sehingga kurangnya motivasi anak untuk berbicara.

Keywords: Keterlambatan bicara, usia 3-4 tahun

  1. Anggrasari, A. P., & Rahagia, R. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Bicara Dan Bahasa Anak Usia 3-5tahun. Indonesian Journal of Professional Nursing, 1(1), 18-24.
  2. Aprinawati, I. (2017). Penggunaan media gambar seri untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 72-80.
  3. Azizah, U. (2018). Keterlambatan Bicara dan Implikasinya dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Hikmah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 281-297.
  4. Calista, R., Yeni, I., & Pransiska, R. (2019). Hubungan Pola Komunikasi Orang Tua terhadap Perkembangan Berbicara Anak di Raudhatul Athfal Ikhlas Gunung Pangilun Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(3), 1633-1639.
  5. Devianty, R. (2017). Bahasa sebagai cermin kebudayaan. Jurnal tarbiyah, 24 (2).
  6. Dewi, M. P., Neviyarni, S., & Irdamurni, I. (2020). Perkembangan Bahasa, Emosi, Dan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 1-11.
  7. Dewi, Y. A. S. (2017). Korelasi Efektivitas Komunikasi dan Latar Belakang Etnis/Suku Orangtua Terhadap Perkembangan Bahasa Anak di Raudlatul Athfal Kabupaten Pasuruan. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 3(1).
  8. Dwi Julianty, T. I. A. R. A. (2019). Penanganan Gangguan Komunikasi Pada Anak (Studi Kasus Di Autis Centre Kota Bengkulu) (Doctoral dissertation, IAIN Bengkulu).
  9. Fitrianah, R. D. (2020). Perubahan Artikulasi Fonem Bahasa Arab bagi Penutur Bahasa Asing. Tsaqofah dan Tarikh: Jurnal Kebudayaan dan Sejarah Islam, 4(2), 161-172.
  10. Fitriani, D. (2016). Model Pengembangan Kecakapan Berbahasa Anak Yang Terlambat Berbicara (speech delay). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak usia Dini. 1. (1)
  11. Fitriani, D., & Fauzy, T. (2020). Pengaruh Media Pop Up Book Berbasis Cerita Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Kelompok B (Usia 5-6 Tahun) Di Paud Al-Huda Palembang Tahun 2019. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 15-26.
  12. Hasanah, U. (2018). Metode Pengembangan Moral Dan Disiplin Bagi Anak
  13. Idris, M.H. (2016). Karakteristik Anak Usia Dini. Permata : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, edisi khus, 37-43.
  14. Indrayanti, T. (2017). Potret penggunaan bahasa remaja dalam perspektif kalangan mahasiswa. Prosiding Prasasti, 126-131.
  15. Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 2(1), 62-69.
  16. Kharisma, M., & Efni, N. (2018). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Tumbuh Kembang Dengan Perkembangan Anak Usia 3-4 Tahun Di Kelompok Bermain Golden Kids Di Kecamatan Telanai Pura Kota Jambi. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 6(1), 26-39.
  17. Khoiriyah, K., Ahmad, A., & Fitriani, D. (2016). Model pengembangan kecakapan berbahasa anak yang terlambat berbicara (speech delay) (Doctoral dissertation, Syiah Kuala University).
  18. Khoriyah., Anizar, A. . D. F. (2016). Model pengembangan kecakapan Berbahasa Anak Terlambat Berbicara (Speech delay). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 36–45.
  19. Kurnia, L. (2020). Kondisi Emosional Anak Speech Delay Usia 6 Tahun di Sekolah Raudhatul Athfal An-Najat Kecamatan Rangkasbitung Kabupaten Lebak. E-Jurnal Aksioma Al-Asas, 1(2).
  20. Kusuma, A. R. (2019). Penerapan Keterampilan Berbicara Dalam Pidato.
  21. Kusuma, F. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Cerita Rakyat Menggunakan Model Example Non Example Berbasis Media Gambar Pada Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Suti Semarang Kabupaten Bengkayang (Doctoral dissertation, IKIP PGRI Pontianak).
  22. Lestari, V. U., Saparahayuningsih, S., & Yulidesni, Y. (2017). Meningkatan Keterampilan Berbicara dengan Bercerita melalui Media Audio Visual VCD pada Anak Kelompok B PAUD Dharma WanitaKabupaten Bengkulu Tengah. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(2), 139-146
  23. Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Kencana. P. 74-90
  24. Mursidi, A. (2019). Identifikasi Dini Guna Mengoptimalkan Kemampuan Bahasa pada Anak Tuna Rungu Usia Pra Sekolah. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 6(1), 39-53
  25. Muslimat, A. F., Lukman, L., & Hadrawi, M. (2020). Faktor Dan Dampak Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Terhadap Perilaku Anak Studi Kasus Anak Usia 3-5 Tahun: Kajian Psikolinguistik. Jurnal Al-Qiyam, 1(2), 1-10.
  26. Nafi'ah, S. A., & Maghfiroh, N. (2020). Analisis Keterlambatan Bahasa Pada Anak. As-Sibyan, 3(1), 51-61.
  27. Nahri, V. H. (2019). “Keterlambatan Bicara (Speech delay) Pada Anak Usia Diniâ€Â. Skripsi. Surakarta: Psikologi Universitas Muhamadiyah Surakarta.
  28. Nuryati, N. (2017). Perkembangan intelektual pada anak usia dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(02), 155-174.
  29. Puspita, A. C., Perbawani, A. A., Adriyanti, N. D., & Sumarlam, S. (2019). Analisis Bahasa Lisan Pada Anak Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Usia 5 Tahun. Lingua, 15(2), 154-160.
  30. Putri, S., Laily, N., & Amelasasih, P. (2021). Efektivitas Metode Fonik terhadap Penurunan Tingkat Keterlambatan Bicara Anak Usia 4-5 Tahun. Al-Murabbi: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 7(2), 171-184.
  31. Rahardjo, M. (2017). Studi kasus dalam penelitian kualitatif: konsep dan prosedurnya.
  32. Rahayu, E., Widyaningsih, I., & Laksono, B. A. (2020). Problematika Keterlambatan Bicara dan Gagap Pada Anak Usia 6 Tahun. Jurnal Pendidikan Modern, 5(2), 63-71.
  33. Ratnasari, E. M., & Zubaidah, E. (2019). Pengaruh penggunaan buku cerita bergambar terhadap kemampuan berbicara anak. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 267-275.
  34. Sari, C. R., Suryana, D., & Pransiska, R. (2018). Keterlambatan Bicara Anak Usia 5 Tahun. In Prosiding Seminar Dan Diskusi Pendidikan Dasar.
  35. Sari, R. D. R. (2020). Hubungan Media Pembelajaran “Flaschard†Terhadap Kemampuan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Indonesia Pada Anak Usia Dini di TK Kartika IV-86 Pamekasan (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Madura).
  36. Setiawati, E., & Ulfah, A. (2018). Meningkatkan Perkembangan Berbicara Anak Melalui Bercerita Menggunakan Flannel Boards. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 98-109.
  37. Siregar, A. O., & Hazizah, N. (2019). Studi Kasus Keterlambatan Bicara Anak Usia 6 Tahun di Taman Kanak-Kanak. Aulad: Journal on Early Childhood, 2(2), 22-27.
  38. Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan bahasa pertama pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265-273.
  39. Suarsih, C. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Dengan Menerapkan Metode Show And Tell Pada Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas II di SD Negeri Sumurbarang Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang Tahun Pelajaran. JPG: Jurnal Penelitian Guru Fkip Universitas Subang, 1(01).
  40. Suhadi, Istanti. (2020). Faktor Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Keterlambatan Bicara Dan Bahasa Pada Anak Usia 2-5 Tahun. Jurnal Penelitian Perawat Profesional. Sekolah Tinggi Imu Kesehatan. Semarang, Jawa Tengah. Indonesia.
  41. Sukmawati, B. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Bicara Anak Usia 3 Tahun di TK Buah Hati Kita. SPEED Journal: Journal of Special Education, 3(1), 51-60.
  42. Suryaningsih, R., & Yon, A. E. (2021). Pengaruh Gadget Bagi Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 5347-5354.
  43. Taseman, T., Safaruddin, S., Erfansyah, N. F., Purwani, W. A., & Femenia, F. F. (2020). Strategi Guru dalam Menangani Gangguan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) yang Berpengaruh Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Surabaya. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 13-26.
  44. Tjandrajani, A., Dewanti, A., Burhany, A. A., & Widjaja, J. A. (2016). Keluhan Utama pada Keterlambatan Perkembangan Umum di Klinik Khusus Tumbuh Kembang RSAB Harapan Kita. Sari Pediatri, 13(6), 373.
  45. Usman. M . (2019). Perkembangan Bahasa dalam Bermain dan Permainan. Yogyakarta: Deepublish. P. 10
  46. Widyawati, A. (2019). 77 Permasalahan Anak Dan Cara Mengatasinya. Jakarta : PT Elex Media Koputindo
  47. Widyastuti, A. (2019). 77 Permasalahan Anak dan Cara Mengatasinya. Jakarta: PT Gramedia. P. 170-177
  48. Yuniari, N. M., & Juliari, I. G. A. I. T. (2020). Strategi Terapis Wicara yang dapat Diterapkan Oleh Orang Tua Penderita Keterlambatan Berbicara (Speech Delay). Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 564-570.

Open Access Copyright (c) 2022 Journal of Early Childhood and Character Education
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Lisensi Creative Commons

Under lincenced :  Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

apps