Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang - Indonesia
Persepsi Mahasiswa Terhadap Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, dan Kualitas Layanan Elearning UIN Walisongo (Studi Kasus Mata Kuliah Manajemen Sistem Informasi)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan pada elearning UIN Walisongo Semarang. Studi kasus penelitian ini pada matakuliah manajemen sistem informasi jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Walisongo Semarang. Metode yang digunakan adalah observasi di lapangan secara langsung dan wawancara dengan mahasiswa MPI. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kualitas sistem pada elearning UIN Walisongo, memudahkan mahasiswa dalam proses pembelajaran. kualitas informasi pada elearning UIN Walisongo memberikan informasi tentang materi dan tugas perkuliahan, sedangkan kualitas layanan pada elearning UIN Walisongo sudah disediakan media tutorial dalam bentuk video dan PDF, serta tersedianya layanan helpdesk untuk membantu mahasiswa dalam menggunakan elearning UIN Walisongo.
ÂÂ
Keywords: kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan
- Al-Fraihat, D. et al. (2020) ‘Evaluating E-learning systems success: An empirical study’, Computers in Human Behavior, 102(August), pp. 67–86. doi: 10.1016/j.chb.2019.08.004.
- Al-Sammarraie, N. A. et al. (2019) ‘E-learning and students satisfaction – Case study MEDIU’, International Journal of Recent Technology and Engineering, 7(6), pp. 220–225.
- Alla, M. (2013) ‘The Impact of System Quality in E-learning System’, Journal of Computer Science and Information Technology, 1(2), pp. 14–23.
- Chitra, A. P. and Raj, M. A. (2018) ‘E-Learning’, 3, pp. 11–13.
- DeLone, W. H. and McLean, E. R. (2003) ‘The DeLone and McLean model of information systems success: A ten-year update’, Journal of Management Information Systems, 19(4), pp. 9–30. doi: 10.1080/07421222.2003.11045748.
- Halonen, R. et al. (2009) ‘DeLone & McLean success model as a descriptive tool in evaluating a virtual learning environment’, International Conference on Organizational Learning, Knowledge and Capabilities (OLKC 2009), (2008), p. 16. Available at: http://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:DeLone+&+McLean+success+model+as+a+descriptive+tool+in+evaluating+a+virtual+learning+environment#0%5Cnhttp://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:DeLone+&+McLean+Success+model.
- Hasan Al-Mamary, Y., Shamsuddin, A. and Aziati, N. (2014) ‘The Relationship between System Quality, Information Quality, and Organizational Performance’, International Journal of Knowledge and Research in Management & E-Commerce, 4(3), pp. 7–10.
- Machumu, H., Ghasia, M. and Musabila, A. K. (2018) ‘Blended Learning Activities in Blended Learning Environments: Experiences from Mzumbe University, Tanzania’.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.