Manajemen Kesiswaan: Program Sholat Dhuha Dalam Memperkuat Spiritualitas Siswa

Hilda Yulianti*  -  UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, Indonesia

(*) Corresponding Author

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi program sholat dhuha dalam memperkuat spiritualitas siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember. Masih banyak siswa yang belum memahami pentingnya sholat dhuha dan tidak melaksanakannya secara konsisten. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil temuan menunjukkan bahwa implementasi program sholat dhuha di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember dilakukan secara berjamaah dengan muatan lokal yang memperjelas bacaan, gerakan, dan tata cara sholat dhuha. Siswa yang melaksanakan sholat dhuha secara konsisten menunjukkan peningkatan kecerdasan spiritual, termasuk sifat baik dan akhlakul karimah. Dampak dari program ini adalah meningkatnya kesadaran siswa tentang pentingnya ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, serta membantu siswa dalam menghadapi tantangan era milenial dengan pondasi spiritual yang kuat.

Keywords: pembiasaan sholat dhuha; spiritualitas siswa

  1. Ahmad, F. “Implementasi Nilai Pancasila Sebagai Landasan Moral Dalam Membangun Karakter Generasi Muda Indonesia di Era Globalisasi.†the Indonesian Journal of Politics and … 5, no. 1 (2023): 182–91.
  2. Akhirudin, KM. “Lembaga Pendidikan Islam di Nusantara.†Jurnal Tarbiya Vol: 1 No: 1-25 (195-219) 2015 (2015): 195–219.
  3. Aridhona, Julia. “Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual dan Kematangan Emosi Dengan Penyesuaian Diri Remaja.†Jurnal Psikologi Ilmiah 9, no. 3 (2017): 224–33.
  4. Aufa, Muhammad Rijal, Lintang Kironotri, dan Much Arsyad Fardani. “Peranan Pembiasaan Ibadah Dalam Pengembangan Karakter Religius Siswa di SD Muhammadiyah 1 Kudus.†Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri 09, no. September (2023): 1339–48.
  5. Fita Mustafida. “Integrasi Nilai-nilai Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI).†Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 4, no. 2 (2020): 173–85. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i2.191.
  6. Manan, Abd. Latif, Sodiq A. Kuntoro, dan Ajat Sudrajat. “Penanaman nilai-nilai religius di madrasah aliyah Nahdlatul Wathan Pancor Lombok Timur Nusa Tenggara Barat.†Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi 5, no. 2 (2018): 210. https://doi.org/10.21831/jppfa.v5i2.16898.
  7. Pebrian, Rio, Nurul Istiqomah, dan Susi Mutoharoh. “Spritualitas, Doa dan Prestasi Belajar.†Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 2 (2018).
  8. Purnomosidi, Faqih. “Sholat Dhuha Sebagai Media Dakwahpada Tenaga Pendidikdi Universitas Sahid Surakarta.†Talenta Psikologi 11, no. 1 (2022): 5.
  9. Rohmah, Riza Mi’roatul, Arba’iyah Yusuf, Rohmatul Azizah, dan Risyaf Nabiel M. “Peran Pendidikan Holistik Bagi Pengembangan Karakter Anak Usia Dini.†Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran 11, no. 1 (2023).
  10. Sari, Meiliza, dan Muhammad Haris. “Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Karakter dan Etika Siswa di Tingkat Sekolah Dasar.†Islamic Education Journal 1, no. 1 (2023): 54–71.
  11. Setiawan, Ahmad. “Implementasi Kecerdasan Spiritual Dalam Membangun Nilai Religius Pada Siswa Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama Assalafie Babakan Ciwaringin Cirebon.†Jurnal Pendidikan dan Keislaman 3, no. 1 (2023): 2023–31.
  12. Shofiyyah, Nilna Azizatus, Tedy Sutandy Komarudin, dan Miftahul Ulum. “Integrasi Nilai-Nilai Islami dalam Praktik Kepemimpinan Pendidikan: Membangun Lingkungan Pembelajaran yang Berdaya Saing.†El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 9, no. 2 (2023): 66–77. https://doi.org/10.19109/elidare.v9i2.19383.
  13. Suraji, Robertus, dan Istianingsih Sastrodiharjo. “Peran spiritualitas dalam pendidikan karakter peserta didik.†JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) 7, no. 4 (2021): 570. https://doi.org/10.29210/020211246.
  14. Tuasikal, Muhammad Abduh. “Sholat Dhuha dan Keutamaanya.†Al Qur’an dan Sunnah Menurut Pemahaman Slaful Ummah, 2011.
  15. Ulfa, Maria. “Dampak Pembiasaan Shalat Dhuha Terhadap Pembentukan Perilaku Religius Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Sumbawa.†Suparyanto dan Rosad (2015. UIN Mataram, 2021.
  16. Ulum, Nuzzulul. “Implementasi Nilai-Nilai Keagamaan pada Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum Jember.†Jurnal Pendidikan Dan Kajian Aswaja 7, no. 2 (2022): 67–86. https://doi.org/10.56013/jpka.v7i2.1158.

Open Access Copyright (c) 2024 Hilda Yulianti
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This journal index by:

 

 

  

Editorial Office of Jawda: Journal of Islamic Education Management


Islamic Education Management Department Faculty of Education and Teacher Training Universitas Islam Negeri Walisongo
 
Jl. Prof. Dr. Hamka Kampus II UIN Walisongo Ngaliyan Semarang Indonesia

Phone: +62-024-760455

 
Creative Commons License

 Jawda: Journal of Islamic Education Management by https://journal.walisongo.ac.id/index.php/jawda is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

Web Analytics View My Stats

apps