Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang – Indonesia - Indonesia
Political Branding Arief Rohman dalam Menyukseskan Kampanye Pilkada 2020 di Media Sosial
Momen pesta demokrasi idealnya melibatkan proses kampanye dan political branding oleh setiap masing-masing kandidat agar mampu merebut atensi dan pilihan dari masyarakat. Penggunaan media digital menjadi perhatian era ini akibat peningkatan pengguna media sosial yang memudahkan politikus untuk berkampanye politik dan membentuk citra. Media sosial juga untuk menyebarluaskan visi dan misi pesan politik dan mempersuasi masyarakat. Salah satunya adalah Arief Rohman Bupati Kabupaten Blora yang sukses memanfaatkan media sosial sebagai media kampanye untuk mencitrakan dirinya dihadapan publik. Penelitian ini merupakan penelitian jenis kualitatif deskriptif, Pendekatan deskriptif kualitatif sesuai dengan tujuan dari artikel ini yakni untuk melihat political branding yang merupakan bagian dari kampanye yang dilakukan oleh aktor politik. Sumber data dari instagram @ariefrohman838 dan metode penelitian kualitatif, artikel ini membuktikan bahwa Arief Rohman sukses dalam melakukan kegiatan kampanye dan political branding di media sosial dengan tagar santernya, #sesarenganmbangunBlora.
Keywords: Kampanye, Politik, Citra, Media Sosial, Branding
- Alfiyani, N. (2018). Media Sosial sebagai Strategi Komunikasi Politik. Potret Pemikiran, 22(1). https://doi.org/10.30984/pp.v22i1.762
- Anggraeni, Y., Indrayani, L. M., & Soemantri, Y. S. (2020). The Expressive Speech Act on Ridwan Kamil’s Comments in Instagram Posting about First COVID-19 Case in Indonesia. Journal of English Education and Teaching, 4(3), 368–385. https://doi.org/10.33369/jeet.4.3.368-385
- Anwar, R. (2019). Mengkaji Efektivitas Kampanye Politik dalam Perspektif Public Relations. ETTISAL: Journal of Communication, 4(1), 67. https://doi.org/10.21111/ettisal.v4i1.3072
- Ardha, B. (2014). Social Media sebagai media kampanye partai politik 2014 di Indonesia. Jurnal Visi Komunikasi, 13(1), 105–120.
- Bayhaqi, A. (2021, August 8). Survei Charta Politika: Kampanye Baliho Tidak Efektif Tingkatkan Elektabilitas. Merdeka.Com.
- Bloranews. (2020, September 7). Tim Kampanye Artys Di Dominasi Kyai hingga Mantan Sekda. Bloranews.Com.
- Blumler, J. G., & Kavanagh, D. (1999). The Third Age of Political Communication: Influences and Features. Political Communication, 16(3), 209–230.
- Cangara, H. (2011). Komunikasi Politik: Konsep, Teori dan Strategi. Rajawali Pers.
- Cresswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset: memilih diantara lima pendekatan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Doni, T., & Abu, N. (2021). Bertebaran Baliho demi 2024, Menggugat Rasa Empati di Kala Pandemi. Solo Pos, 2–4.
- Fajar, D. (2021). Pemanfaatan Instagram sebagai Media Kampanye di Era Pandemi Covid-19 Pasangan “ARTYS†pada Pilkada Blora. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, XI (1).
- Fatimah, S. (2018). Kampanye sebagai Komunikasi Politik: Esensi dan Strategi dalam Pemilu. Resolusi: Jurnal Sosial Politik, 1(1). https://doi.org/10.32699/resolusi.v1i1.154
- Firmanzah, P. D. (2010). Mengelola Partai Politik: Komunikasi dan Positioning, Ideologi Politik dan Era Demokrasi. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
- Fitri, A. N., & Adeni, A.-. (2020). Jokowi dan Kekuatan Pencitraan Diri Serta Relasinya Dengan Umat Islam. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 19(2), 1. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v19i2.3503
- Fitri, A. N., Bariklana, M. N., & Adeni. (2021). Groupthink in Political Participation in the 2019 Presidential Election. INJECT, 6(1), 57–70.
- Fitri, A. N., & Muhajarah, K. (2022). Pengaplikasian Elaborated Likelihood Model dalam Strategi Komunikasi Kampanye “Ingat Pesan Ibu.†Jurnal Komunikasi, 15(2), 115–130. https://doi.org/10.21107/ilkom.v15i2.11471
- Hagar, D. (2014). Campaigning online: Social media in the 2010 Niagara municipal elections. Canadian Journal of Urban Research, 23(1), 74–98.
- Hendriyani, H. (2017). Analisis Isi: Sebuah Pengantar Metodologi yang Mendalam dan Kaya dengan Contoh. Jurnal Komunikasi Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.7454/jki.v2i1.7832
- Hidayatullah, R. (2009). Peran divisi market intelligence dwi sapta IMC (Integrated marketing communication) dalam menggali consumer insight.
- Ixsir, E., & Ida Zulaeha. (2017). Model Komunikasi Politik Ridwan Kamil… 206-223. Dialektika, 4(2), 210–223. https://doi.org/10.15408/dialektika.v4i2.5540
- Kotler, P., & Keller, K. L. (2013). Manajemen pemasaran (Vol. 13, Issue 1). edisi.
- Maulina, P., & Muttaqin, M. (2020). Citra Politik Prabowo-Sandi dalam Pemilihan Presiden (PILPRES) 2019 di Akun Media Sosial Instagram. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 40–50. https://doi.org/10.14710/interaksi.9.1.40-50
- Nimmo, D. (2005). Komunikasi politik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Prasetyo, B. D., & Febriani, N. S. (2020). Strategi Branding: Teori dan Perspektif Komunikasi dalam Bisnis. Universitas Brawijaya Press.
- Rahmah, S. (2021). Personal Branding Ganjar Pranowo untuk Membangun Komunikasi Politik di Media Sosial Instagram. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1). https://doi.org/10.30596/interaksi.v5i1.5584
- Rosadi, B., Darmawan, C., & Anggraeni, L. (2020). The Influence of Political Message On Social Media For Increasing The Political Literacy Of Millenial Generation. Jurnal Civicus, 20(1), 26–30.
- Suryanni, E. I. (2018). Komunikasi Politik: Asal Usul dan Konsepsi. Jurnal Analisis Sosial Politik, 2(2), 39–53.
- Susanto, E. H. (2013). Dinamika Komunikasi Politik dalam Pemilihan Umum. Jurnal Kajian Komunikasi, 1(2), 163–172. https://doi.org/10.24198/jkk.vol1n2.6
- Vincentius, H. (2021, August 6). Marak Baliho Politikus, Persaingan Menuju Pilpres 2024? Tribunnews.Com.
- Wahyuddin, W., Fuadi, F., Falahuddin, F., & Hanif, H. (2021). Analysis of The Political Marketing Success of The Winning National Party with Local Affiliated Party in Aceh. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 22(1), 54–61. https://doi.org/10.29103/e-mabis.v22i1.655
Copyright (c) 2023 JPW (Jurnal Politik Walisongo)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.